masjid

Desa Onje merupakan desa yang berada di Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Sebagai desa yang termasuk desa tua tentu mempunyai Babad atau sejarah tersendiri.

Kini Desa Onje diusulkan untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata religi. Pasalnya, Desa Onje memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi wisata religi karena desa ini dulunya merupakan pusat penyebaran agama Islam.

Desa Onje merupakan satu desa yang berjasa dalam syiar agama islam di Kabupaten Purbalingga, desa ini memiliki banyak tempat bersejarah, salah satunya Masjid R Sayyid. Masjid R Sayyid Kuning di Desa Onje, Kecamatan Mrebet disebut-sebut sebagai salah satu masjid tertua di Pulau Jawa. Masjid yang sebelumnya dikenal dengan nama Masjid Onje, diklaim usianya lebih tua dibandingkan Masjid Agung Demak yang dibangun oleh Wali Songo.

Saat pertama kali dibangun, empat tiang penyangga utama dibuat dari batang pohon pakis dan atapnya dibuat dari ijuk. Saat itu wilayah Onje masih hutan belantara, sehingga masih banyak pohon pakis yang tumbuh.